Kondisi AC Mobil Tidak Dingin, Ketahui Dulu Komponen Penting Untuk AC Mobil!

AC Mobil

AC mobil tidak hanya berfungsi untuk membuat udara stabil di dalam mobil. AC mampu membuat nyaman orang yang berada dalam mobil apalagi lagi dalam perjalanan dengan waktu yang lama. Namun ada kalanya AC mobil tidak dingin karena berbagai penyebab.

 

Jika sudah begini, paling tepat untuk membawa AC mobil ke service AC mobil untuk mendapatkan penanganan selanjutnya. Nah, ternyata AC mobil punya beberapa komponen penting di dalamnya. Sudahkah anda mengetahuinya?

Bagian-bagian AC Mobil

AC mobil tidak dingin bisa saja disebabkan karena beberapa bagian di bawah ini tidak berfungsi dengan baik atau malah rusak.

  • Kompresor, bagian ini adalah fungsi untuk melakukan kompresi dan sirkulasi zat pendingin dalam sistem AC.
  • Bagian freon, biasanya pada mobil lama yang digunakan adalah jenis R 134a. Namun untuk mobil baru biasanya menggunakan freon R12 yang kini semakin mahal dan langka. Bagian ini punya tugas untuk menghilangkan hawa panas.
  • Kondensor, bagian ini punya fungsi merubah freon dari gas menjadi cair sehingga hawa panas hilang dari mobil.
  • Evaporator, komponen ini berfungsi mendinginkan udara yang keluar dari salurannya. Jadi udara yang anda nikmati bisa tetap dingin.
  • Katup ekspansi, bagian ini mirip sebuah pentil. Fungsinya yaitu menentukan tekanan cairan freon, mengukur aliran dan mengatomisasinya.

Receiver, punya fungsi untuk sebuah filter pada perayaan atau oli sehingga menghilangkan kelembaban dan kotoran lain pada AC

Tips Memperbaiki AC Mobil

Sebelum mengunjungi service AC mobil, ada baiknya anda memperbaiki terlebih dahulu secara sederhana atau mobil yang tidak berfungsi semestinya. Simak beberapa hal dibawah ini mungkin saja bisa membantu anda.

  • Perhatikan apakah freon bocor sehingga tidak bisa menyerap panas. jika komponen yang membaca sangat mudah dideteksi dan mudah juga diperbaiki tanpa harus melakukan pembongkaran. apalagi toko suku cadang mobil punya cairan pewarna yang bisa ditambahkan ke dalam sistem ini untuk mendeteksi kebocoran.
  • Anda juga harus memastikan bahwa kompresor berputar. Bisa dengan memeriksa bawah kap mesin lalu nyalakan mesin dan AC. jika AC dan blower menyala tapi tidak berputar artinya kompresor tidak berputar pula. hal ini bisa disebabkan oleh sekring yang putus atau kabel yang rusak.
  • Perhatikan apakah udara dingin yaitu hanya sedikit keluar atau benar-benar tidak keluar. Jika udara dingin hanya keluar sedikit maka penyebabnya mungkin saja tekanan yang kurang kalau anda bisa menambahkan freon. Freon ini bisa anda beli di toko suku cadang bahkan anda bisa memasang nya sendiri lewat petunjuk yang ada di produk.

Penutup

Nah sekarang anda tentu sudah tahu Apa saja komponen yang ada pada AC mobil dan  beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Jika anda sudah melakukan beberapa hal di atas namun AC mobil masih belum berfungsi seperti sedia kala, maka bawa saja AC mobil ke bengkel terpercaya yaitu supercar.id. Bengkel online ini tidak hanya terpercaya tapi juga punya mekanik yang berpengalaman bahkan bersertifikasi. Menariknya anda juga akan mendapatkan garansi selama 3 bulan untuk setiap pekerjaan yang dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *