Anda Wajib Tahu Pentingnya Menjaga Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Berat badan ideal ibu hamil

Sebagai ibu hamil, Anda harus selalu menjaga kesehatan tubuh. Tujuannya agar kandungan selalu sehat sehingga lancar sampai proses persalinan. Berat badan ideal ibu hamil menjadi salah satu aspek penting yang harus Anda jaga dengan baik. Sebagai ibu, Anda juga harus berhasil mengontrol berat badan supaya tidak berlebihan. Dengan berat badan ideal, si kecil juga akan tetap sehat.

Ada beberapa cara perlu Anda lakukan untuk selalu memiliki berat badan yang sesuai. Misalnya dengan menjaga pola hidup sehat serta sering berolahraga dengan rajin, disiplin melakukan yoga, serta mampu mengelola stress dengan baik. Mengingat sulitnya menjaga berat badan agar tetap ideal, ada sejumlah cara yang sebenarnya bisa Anda terapkan. Misalnya seperti beberapa yang akan dibahas di bawah ini.

Bagaimana Tips Menjaga Berat Badan Selama Hamil?

Jangan lupa untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah di bawah ini:

Tetap Melakukan Aktivitas

Meskipun Anda hamil, tetapi jangan pernah malas untuk tetap bergerak. Menjaga tubuh untuk tetap bergerak justru akan memberikan hasil yang positif bagi Anda. Cobalah untuk tetap melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya, seperti mengerjakan berbagai pekerjaan rumah yang tidak terlalu berat, serta rajin berolahraga.

Olahraga bagi ibu hamil adalah salah satu hal yang penting, sebab mampu menjaga berat badan Anda tetap ideal dengan membantu membakar kalori yang ada. Salah satu jenis olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berjalan. Selain bisa sehat secara fisik, pikiran Anda juga akan lebih segar.

Tetap melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya juga akan memudahkan Anda dalam proses persalinan.

Memilih Makanan Bernutrisi

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah menjaga pola makan. Pilihlah makanan yang  bernutrisi dan mengandung protein. Selain itu jangan lupa untuk memilih buah dan sayuran.

Beberapa sayuran yang bisa Anda pilih antara lain buncis, wortel, kangkung, kentang, kacang-kacangan, paprika, dan terong. Dengan memilih makanan sehat berprotein, asupan gizi Anda akan terpenuhi dengan baik. Selain itu, pertumbuhan si kecil dalam kandungan juga akan lebih optimal.

Anda juga dianjurkan untuk lebih sering makan dalam porsi yang kecil alih-alih makan sesekali tetapi langsung dalam porsi yang besar. Apalagi ketika usia kandungan sudah memasuki bulan ke-4, dimana nafsu makan ibu hamil akan semakin bertambah. Maka dari itu, tetaplah memilih makanan yang akan Anda konsumsi dengan baik.

Menghindari Makanan Berlemak

Membahas tentang nafsu makan ketika hamil, Anda harus bisa menjaganya agar tidak berlebihan. Apalagi ketika Anda dalam fase yang sering dikenal sebagai “ngidam”.

Tahan diri dengan baik supaya tidak sembarangan dalam memilih makanan, misalnya menghindari makanan berlemak tinggi. Daripada mengkonsumsi makanan berlemak, lebih baik menggantinya dengan beberapa menu sehat seperti sayur dan buah.

Berat Badan Ketika Hamil

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, pada trimester ke-2 dan seterusnya, nafsu makan ibu hamil akan bertambah sehingga berat badan bisa naik. Sedangkan pada masa kehamilan 1-3 bulan, rasa mual yang dialami ibu hamil akan membuat berat badan turun.

Berat badan ideal ibu hamil akan dapat Anda peroleh dengan menjaga pola makan secara baik. Jangan lupa untuk tetap rajin bergerak dengan melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya serta mengkonsumsi susu.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *