6 Langkah Perawatan Mobil Diesel agar Awet

kredit truk Mitsubishi

Hingga saat ini, mobil diesel dari Mitsubishi yang bisa dibeli dengan mengambil cicilan kredit truk Mitsubishi memang masih jadi pilihan. Alasannya mobil ini disukai karena kelebihan yang dimilikinya, yaitu hemat bahan bakar dan terbukti tangguh.

Namun, sebagus apapun kualitas mobil pasti akan tetap mengalami masalah jika perawatannya tidak diperhatikan. Agar mobil diesel Anda selalu awet, berikut ini adalah perawatan yang bisa dilakukan:

1. Panaskan mesin mobil

Desain mesin pada mobil diesel dibuat tanpa busi, sehingga mesin butuh waktu lebih lama sampai akhirnya bisa mencapai tekanan dan suhu yang tepat untuk kinerja optimal. Oleh karena itu, Anda perlu memanaskan mesinnya terlebih dahulu selama kira-kira 4-10 menit. Dengan memanaskannya, maka bermanfaat untuk sirkulasi oli yang optimal.

2. Aplikasikan bahan bakar yang bagus bagi mobil diesel yaa

Salah satu alasan kerusakan mesin mobil diesel adalah penggunaan jenis bahan bakar yang keliru. Oleh karena itu, selalu pastikan Anda hanya menggunakan solar sebagai bahan bakar mobil diesel Anda. Dengan demikian, mobil Anda tentunya tidak cepat rusak sekaligus performanya tetap terjaga.

3. Rutinkan jadwal pergantian oli

Perawatan sebuah mobil diesel tentunya salah satunya harus rutin dalam jadwal pergantian oli. Begitu pula dengan mobil bermesin diesel. Dengan mengganti oli pada mesin mobil diesel secara rutin dan berkala, maka mesin mobil pun akan jadi lebih awet. Namun demikian, pastikan Anda menggunakan oli yang tepat yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil diesel Anda, ya.

4. Cek kondisi water sedimenter

Water sedimenter adalah sebuah alat pada mobil diesel yang digunakan untuk mengidentifikasi seberapa banyak kandungan air di dalam bahan bakar. Lantaran, mobil diesel menggunakan solar yang mengandung sedikit air. Oleh karena itu proses pemisahan air dan water sedimenter harus anda pastikan berjalan dengan sempurna karena disinilah kunci mobil diesel bisa awet. Untuk itu, selalu cek kondisinya dan segera buang air di dalamnya jika indikator sudah menyala, ya.

5. Rutin ganti filter udara

Selain kualitasnya, faktor lain yang menentukan seberapa optimal proses pembakaran di dalam mesin mobil diesel adalah kualitas udaranya. Hanya saja, saat udara masuk, kotoran atau debu juga berpotensi ikut masuk. Kotoran dan debu ini biasanya terbawa masuk lewat filter udara yang sudah buruk. Jadi, ganti filter udara secara rutin untuk menghindari risiko ini, ya!

6. Pastikan perawatan rutin di bengkel resmi

Hal lain yang tak boleh Anda lupakan adalah perawatan rutin mobil di bengkel resmi. Meskipun Anda merasa mobil diesel yang digunakan tidak bermasalah, akan tetapi Anda tetap harus melakukan pengecekan dan perawatan secara rutin untuk membantu mengetahui kondisi mobil dengan lebih baik, termasuk kondisi mesin.

Itu dia 6 poin penting perawatan mobil diesel yang wajib Anda ketahui dan lakukan. Semoga informasi yang kami berikan bisa anda aplikasi secara baik dan membuat mobil diesel yang anda punya menjadi lebih awet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *